Segala Berita dan Informasi Terkini - Aktual, Tajam dan Terpercaya

Tuesday, January 6, 2015

Inilah Penyebab Penyakit Demam Berdarah DBD Dan Cara Menghindarinya

Penyakit Demam Berdarah (DBD) Dan Cara Menghindarinya - Belakangan ini sedang marak penyakit penyakit yang mewabah disekitar kita. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk menghindarinya saya akan menginformasikan penyebab demam berdarah dan cara menghindarinya. Silahkan disimak


penyakit dbd nyamuk aedes aegipty
nyamuk aedes aegipty
Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegipty betina. Kenapa betina? Karna nyamuk betina meghisap darah untuk memberi protein yang terkandung dalam darah untuk anak anak nyamuk atau masih berupa jentik. Nyamuk Aedes aegipty memiliki kaki yang belang belang putih. Biasanya nyamuk ini mencari korbannya pada siang hari.


Penyakit DBD ini sangat berbahaya dan sangat merugikan dampaknya. Bahkan penyakit ini bisa menimbulkan kematian apabila tidak tanggap dalam menanggapinya. Penting untuk diketahui bahwa penyakit demam berdarah ini mempunyai gejala gejala. Apabila sudah merasakan gejalanya maka disarankan untuk pergi ke rumah sakit atau puskesmas. Apa sajakah gejala gejalanya?

Gejala Demam Berdarah Dengue :

  • Suhu tubuh meningkat hingga 38ºC atau 40ºC bahkan lebih. Meningkatnya suhu tubuh membuat badan menjadi lesu dan berlangsung antara 3-7 hari.
  • Terdapat bintik bintik merah pada kulit. Jika terdapat bintik bintik di kulit maka coba renggangkan kulit anda. Apabila bintik bintik itu tidak hilang maka harus diwaspadai
  • Terjadi mimisan. Meningkatnya suhu tubuh membuat tubuh rentan akan pendarahan termasuk mimisan atau pendarahan pada hidung.
  • Muntah-muntah dan muntah darah. Pendarahan terjadi tidak hanya di hidung tetapi juga pada organ dalam dan darah akan keluar apabila muntah atau buang air.


Pertolongan Pertama Pada Penderita Demam Berdarah :
 
Untuk pertolongan pertama apabila Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala Demam Berdarah Dengue. Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut : 

  • Perbanyak cairan dalam tubuh. Minimal satu botol air mineral setiap jam. Tetapi biasanya penderita demam berdarah enggan untuk minum terlalu banyak.
  • Berikan obat penurun panas dan minumlah sesuai resep dokter.
  • Kompres penderita dengan air hangat untuk menurunkan suhu badannya
  • Apabila penderita tidak mau minum dan mengkonsumsi obat penurun panas maka secepatnya dibawa ke rumah sakit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan


Nyamuk  Aedes aegipty biasanya berkembang biak di genangan air dan saluran saluran air yang tersumbat atau airnya tidak mengalir. Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya. Berikut cara-cara mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegipty :

+ Lakukan 3M. Menutup, Mengubur dan Menguras
  • Menutup. Tutuplah bak mandi, atau bak air dan tempat apapun yang ada air menggenangnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah nyamuk untuk menaruh jentik jentiknya di genangan air tersebut.
  • Mengubur. Apabila lingkungan disekitar anda terdapat banyak sampah lebih baik sampah itu dikubur didalam tanah agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  • Menguras. Semisal ada air yang sudah kotor atau tidak digunakan lagi lebih baik dikuras agar tidak ada kesempatan bagi nyamuk untuk meletakan jentik jentiknya.
+ Melakukan Fogging
Melakukan fogging penting untuk kebersihan lingkungan kita. Biasanya sehabis fogging akan banyak serangga serangga seperti kecoa bahkan tikus keluar dari persembunyiannya dan mati. Hal ini dapat mengurangi jumlah serangga dengan cepat dan efektif.

+ Menutup Jendela Pada Sore Hari
Sore hari merupakan waktu yang disenangi nyamuk dbd untuk mencari darah. Dengan menutup jendela rumah kita bisa mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

+ Jangan Bermain Di Tempat Gelap
Nyamuk juga menyukai tempat yang gelap, maka dari itu jika hari mulai petang anda bisa menyalakan lampu ruangan yang sedang digunakan agar nyamuk tidak masuk ke ruangan tempat anda berada.

Untuk menjaga kesehatan alangkah baiknya jika kita tidak setengah setengah dalam mendapatkannya. Jika ingin mencari informasi dan tips seputar kesehatan silahkan kunjungi Berita Kesehatan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Penyebab Penyakit Demam Berdarah DBD Dan Cara Menghindarinya

0 komentar:

Post a Comment